Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Fitur Idling Stop System yang Bikin Motor Irit Bensin

Fitur Idling Stop System
Sumber :

100kpj – Motor-motor keluaran terbaru saat ini dijejali fitur-fitur yang cukup modern, salah satunya adalah Idling Stop System (ISS). Sayangnya, masih banyak yang belum paham akan fitur yang bisa bikin irit bensin atau bahan bakar minyak (BBM) ini.

Memang adanya fitur ISS, harga jual motor yang ditawarkan menjadi lebih mahal. Pasalnya, teknologi ini digadang-gadang sebagai fitur modern yang lebih ramah lingkungan dan juga telah diadopsi ke mobil.

Jadi sistem ISS itu fitur yang bisa membuat mesin sepeda motor berhenti bekerja secara otomatis atau dengan sendirinya. Ketika sedang tidak dibutuhkan, seperti ketika di lampu merah, di tengah kemacetan dan sejenisnya maka mesin motor mati.

Dengan kondisi ini, bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia, dan tentu bisa jadi lebih hemat sekaligus dan dapat mengurangi polusi udara dan mengurangi emisi gas buang.

Pengguna motor perlu tahu, fitur ini hanya akan aktif bila kondisinya memungkinkan, sehingga tepat sasaran.

Seperti dilansir dari Wahana Honda, Jumat 6 Januari 2023, jadi tidak perlu khawatir mesin motor menjadi mati tiba-tiba, karena sistem sudah mengatur untuk menonaktifkan fitur ISS bila kondisi mesin tidak prima.

Fitur ISS didesain secara matang agar tetap memberikan manfaat. Pada dasarnya, bila mesin prima dan bila fitur ISS diaktifkan maka mesin bisa otomatis mati ketika motor tidak membutuhkan putaran mesin.

Berita Terkait
hitlog-analytic