Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Liburan Natal dan Tahun Baru Pakai Mobil Pribadi, Jangan Nekat Bawa Barang Berlebihan

Ilustrasi mobil bawa barang berlebihan saat liburan
Sumber :

100kpj - Libur Natal dan tahun baru (Nataru) dimanfaatkan warga perkotaan untuk berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata, atau pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi.

Menggunakan kendaraan pribadi saat liburan dianggap lebih fleksibel, atau tidak repot jika ingin berpindah-pindah tempat. Namun konsekuensinya, barang bawaan yang dibawa terbatas, sesuai ruang bagasi.

Meski begitu, ada juga yang memaksakan untuk membawa barang bawaan melebihi daya angkut dari mobil itu sendiri. Hingga menambah bagasi tambahan di bagian atap mobil, yang disebut roof box.

Padahal ada banyak resiko yang ditimbulkan, jika beban kendaraan melebihi kapasitas. Seperti yang pernah disampaikan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

Jusri menjelaskan, mobil yang megangkut beban berlebihan akan memengaruhi kinerja komponen, baik itu mesin, atau sektor kaki-kaki. Sehingga menurunkan tingkat keselamatan, dan rasa nyaman saat berkendara.

"Beban kerja mesin semakin berat, sehingga bahan bakar lebih boros. Keamanan otomtis gaya gravitasi tidak sesuai, akhirnya jarak pengereman lebih panjang,” ujarnya kepada 100kpj.

Selain itu, pengaruh lain dari kendaraan yang berlebihan muatan, lanjut Jusri, akan berpotensi mengalami kecalakaan karena bisa menimbulkan over steer, hingga body roll berlebihan ketika melewati tikungan.

Berita Terkait
hitlog-analytic