Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Liburan Natal dan Tahun Baru Pakai Mobil Pribadi, Perhatikan Hal Ini

Bengkel mobil Bosch
Sumber :

100kpj - Memanfaatkan libur panjang Natal dan Tahun baru, warga perkotaan khususnya yang tinggal di Jakarta berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi, menuju kampung halaman atau tempat wisata yang jadi agendanya.

Mobil pribadi kerap menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur bersama keluarga. Alasannya lebih mudah berpindah tempat, dan bisa mengatur waktu sesuai keinginan, meski di satu sisi waktu beristirahat kurang.

Bengkel mobil Daihatsu

Sebelum menggunakan mobil pribadi untuk liburan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya kondisi oli mesin, atau oli transmisi jika mobil sudah cukup berumur dan tidak pernah mengganti pelumas girboks tersebut.

Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants mengatakan, oli transmisi untuk mobil manual disarankan untuk diganti apabila mobil sudah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

Untuk mobil manual, mengecek kopling adalah sebuah keharusan setelah mobil digunakan untuk jarak tempuh yang jauh, dan macet. Lalu mengecek kendala pada bagian kopling atau tidak, caranya mudah.

“Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau justru transmisi susah dipindahkan. Jika terjadi hal demikian, maka segera ganti kampas kopling mobil," ujar Brahma dikutip dari keterangan resminya, Selasa 20 Desember 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic