Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Takut Hadapi Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matik? Ini Tips Amannya

Mengendarai motor matik
Sumber :

100kpj – Motor matik kini menjadi primadona masyarakat di Indonesia, karena perawatan dan cara mengemudikannya yang mudah. Namun tidak jarang yang meragukan akan kemampuan sepeda motor matik dengan kapasitas kecil dalam melalui lintasan tertentu.

Seperti tanjakan maupun turunan yang terjal. Menurut instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), M. Arief dalam menghadapi rutinitas harian dengan sepeda motor, penting bagi pengendara untuk memastikan kondisi sepeda motor dalam kondisi baik sebelum digunakan.

Salah satu cara menjaga kondisi sepeda motor dengan melakukan perawatan rutin dan tepat. Untuk menambah rasa percaya diri pengendara khususnya saat melewati beragam lintasan seperti jalan menanjak atau turunan, dapat mengikuti beberapa tips dan trik sebagai berikut :

A. Saat melewati jalan menanjak :

- Menjaga jarak yang cukup dengan kendaraaan yang berada didepan - Mengatur bukaan gas agar memiliki kecepatan yang sesuai serta tetap mendapatkan tenaga sesuai kondisi tanjakan

- Hindari terlalu sering menutup gas, mencegah tenaga motor turun atau drop - Ketika berhenti dan akan jalan pastikan sepeda motor digas terlebih dahulu, setelahnya rem dapat dilepas agar motor tidak mundur

- Posisi badan tetap rileks disesuaikan dengan tinggi badan saat menanjak

Berita Terkait
hitlog-analytic