Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara-cara Merawat Kaliper Rem Motor, Nomor 2 Sering Diabaikan

Rem motor
Sumber :

100kpj – Kaliper rem motor merupakan salah satu komponen dari rem cakram yang berfungsi sebagai penopang kampas dan piston. Mengingat perannya yang sangat penting pada sepeda motor, maka harus mendapat perhatian lebih.

Apabila tidak dirawat dengan baik, maka bisa menyebabkan kerusakan, salah satunya rem tidak dapat berfungsi. Alhasil, hal tersebut bisa membahayakan bagi pengendara yang menyebabkan kecelakaan.

Agar tidak mengalami hal ini, maka penting untuk merawat kaliper rem. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum 100KPJ.com dari WahanaHonda, adapun cara mudah dalam merawat komponen tersebut agar turut menjaga keselamatan.

Cara pertama dalam perawatan komponen ini adalah jaga kebersihannya. Untuk melakukan pembersihan benda ini bisa menggunakan air bertekanan cukup agar debu dan kotoran bisa hilang.

Cara ini cukup mudah dilakukan, dan perlu dilakukan pengulangan kembali setidaknya sebulan sekali. Yang kedua, dan sering diabaikan oleh para pemilik motor, yakni mengingat waktu ganti kampas rem.

Pemilik penting untuk selalu rutin mengecek atau memeriksa kondisi ketebalan kampas rem. Perlu diingat jangan sampai melebihi batas aman dengan cara melihat cukup dekat ke bagian kaliper rem.

Biasanya beberapa pabrikan motor merekomendasikan untuk mengganti kampas rem setiap 25.000 km atau setiap satu kali dalam setahun. Apabila tidak dilakukan perawatan ini maka rem bisa mengalami tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Berita Terkait
hitlog-analytic