Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Posisi Berkendara Sepeda Motor Matik Saat Melintas Jalanan Macet

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor
Sumber :

100kpj – Jalanan macet menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh pengendara sepeda motor di kota besar, biasanya kemacetan terjadi pada jam sibuk.

Agar aman dan nyaman kala melintasi jalanan macet, ada trik dan gaya berkendara saat melintas jalanan macet.

Menurut Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) menjelaskan, yang harus diperhatikan untuk pengendara yang terpenting adalah bisa lebih sabar, dan dapat mengendalikan emosi saat berkendara ketika berada di tengah kemacetan, yang memang menjadi situasi yang tidak nyaman bagi pengguna jalan raya.

"Saat menghadapi situasi kemacetan, kita harus selalu bijak dan pahami etika berkendara, alangkah baiknya tidak terpancing dan tidak memancing emosi pengendara lain, misalnya tidak membunyikan klakson yang berlebihan, tidak memotong antrian, dan peduli keamanan sekitar sesama pengendara," tambah Ludhy.

Jalan Raya Jakarta Macet

Beberapa tips berkendara aman dan nyaman ketika berada di tengah kemacetan terutama untuk pengguna sepeda motor matik atau skutik, diantaranya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan throttle atau gas tidak ditarik secara spontan atau sekaligus, tetapi di ayun secara perlahan dan harus hati-hati menggunakan jari-jemari dalam mengoperasikan handle/tuas rem.

Penggunaan rem saat antrian kemacetan lebih baik menggunakan salah satu rem, pengendara bisa memakai rem belakang saja atau rem depan saja atau bergiliran penggunaan rem depan dan rem belakang.

Berita Terkait
hitlog-analytic