Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Fungsi Zat Adiptif di Oli Mesin

Tips memilih oli mesin
Sumber :

100kpj – Di Indonesia sangat banyak merek oli mesin yang beredar di pasar, salah satunya untuk sepeda motor. Pelumas tersebut ditawarkan dengan harga berbeda-beda, sesuai dengan takaran dan spesifikasi di dalamnya.

Oli mesin biasanya menekankan bahan dasar yang digunakan, misalnya semi sintetis, ester, atau mineral. Masing-masing pelumas memiliki tingkat kekentalan berbeda-beda, begitu juga dengan zat adiptif.

Pelumas alias oli.

Dari salah satu kandungan yang tertulis di kemasan, zat adiptif kerap menjadi pertanyaan. Lantas apa sih fungsinya?

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana mengatakan, adiptif bahan kimia yang bisa meningkatkan kemampuan oli, menambah karakteristik dari bahan dasar, dan mentralkan krakteristik negatif. 

“Adiptif pada oli itu bisa mencapai kurang lebih 30 persen dari jumlah total oli mesin, tapi digunakan dalam jumlah yang sangat spesifik,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Jumat 2 Desember 2022.

Misalnya dalam kemasan 1 liter maka sekitar 300 mili liternya adalah adiptif, lebih lanjut Brahma menjelaskan, penggunaannya tidak bisa terlalu banyak karena fungsi oli bisa tidak maksimal melumasi komponen enjin.

Berita Terkait
hitlog-analytic