Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pakai Motor Matik Jangan Sembarangan Libas Genangan Air saat Hujan

Naik Motor saat Hujan.
Sumber :

100kpj – Di musim penghujan yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, memaksa para pengendara harus lebih hati-hari. Melintasi hujan dengan sepeda motor tentu saja lebih berisiko karena kondisi jalanan menjadi lebih licin.

Menurut Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pengendara sepeda motor perlu memahami beragam kondisi jalan dan cuaca sebelum berkendara.

Salah satunya mempersiapkan perlengkapan berkendara serta lebih waspada saat memasuki musim penghujan sehingga pengendara lebih percaya diri saat berkendara di musim hujan. Berikut tips dan trik berkendara sepeda motor yang dapat digunakan saat hujan:

1. Pastikan kondisi motor baik

Cek kondisi rem, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, khususnya lampu depan, rem, belakang, sein, hazard agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Hindari berkendara dengan ban yang sudah aus atau gundul karena kondisi jalan saat hujan lebih licin.

2. Pahami rute yang akan dilalui

Dengan memahami rute yang akan dilalui, kita mengetahui kondisi jalan yang dilalui, apakah jalan tersebut rusak atau berlubang karena saat hujan ada kemungkinan jalan yang rusak atau berlubang tersebut tergenang air.

Berita Terkait
hitlog-analytic