Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ketika Mesin Mobil Terlalu Panas, Jangan Panik dan Lakukan 5 Langkah Ini

Mesin mobil.
Sumber :
Ist

100kpj – Mesin mobil yang terlalu panas overheat kerap terjadi saat melakukan perjalanan jauh, atau beberapa penyebab lainnya. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas, dan merepotkan pengendara saat di jalan.

Mobil overheat atau terlalu panas adalah salah satu penyebab utama mobil mogok tiba-tiba. Ini terjadi karena beban kerja mobil terlalu tinggi, kemudian suhu mobil terlalu panas dan alat pendingin mesin mobil yaitu radiator tidak berfungsi dengan baik.

Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami masalah ini, seperti dikutip dari Suzuki Indonesia.

1. Pinggirkan Mobil

Saat mobil memberikan tanda terjadi overheat yang biasanya bisa dilihat dari indikator panel dashboard atau bahkan muncul asap pada kap mesin, jangan langsung panik. Usahakan tetap tenang dan cari tempat aman untuk menepi.

Posisikan tombol AC pada car ac off dan matikan mesin. Beri sinyal pada pengendara lain dengan menyalakan lampu hazard dan menaruh segitiga pengaman agar mereka tahu Anda sedang mengalami kendala, sehingga mereka bisa menjaga jarak aman.

2. Buka Kap Mesin

Berita Terkait
hitlog-analytic