Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ban Motor yang Model Ini Cocok untuk di Musim Hujan

Ban Motor Honda BeAT.
Sumber :

100kpj – Intensitas hujan mulai banyak belakangan ini, artinya para pengendara pun harus semakin hati-hati dalam berkendara. Pemilik motor haru mulai rajin melakukan persiapan, termasuk mengecek kondisi ban dari kendaraan yang digunakan.

Ban adalah salah satu komponen penting dalam motor, karena bersentuhan langsung dengan aspal jalan. Bila kondisi ban sudah mulai mengalami aus dan kebotakan, sebaiknya segera ganti dengan yang bar Ban yang sudah aus jika dipaksa berjalan memungkinkan terjadinya kecelakaan.

Sesungguhnya, ban standar (bawaan) pabrik sudah sudah didesain untuk melintasi jalan dalam kondisi kering dan basah. Namun, untuk menghadapi musim hujan, ada baiknya memilih ban yang punya spesifikasi untuk kondisi basah.

Biasanya spesifikasi ini bisa dilihat dari alur pattern ban. Pembuangan air untuk jalan lurus dan tikungan wajib ada. Paling nyaman untuk kondisi hujan pilih yang ada garis di bagian tengahnya.

Pemotor musim hujan

Jika tidak ada (garis tengah) bisa pilih pattern dari kiri ke kanan lalu ke tengah. Dilansir dari Wahana Honda, Kamis 10 November 2022, ketika masuk musim hujan pengendara motor jangan menggunakan jenis kembangan ban untuk jalan kering. Misalnya kembangan minimalis atau yang ekstrem tipe ban slick (ban untuk balap).

Pantau Keausan dan Tekanan Angin Ban

Berita Terkait
hitlog-analytic