Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ketahui Efek Mengerikan Cuci Motor saat Mesin Panas: Retak Bro!

Ilustrasi mencuci motor.
Sumber :

100kpj – Memiliki motor dengan bodi mulus dan warna mengkilap tentu menjadi idaman banyak orang. Maka jangan heran jika banyak dari pemilik kendaraan yang rela meluangkan waktu untuk melakukan perawatan ekstra, seperti mencuci misalnya.

Bahkan, saking semangatnya, terkadang si pemilik tak memperdulikan bagaimana kondisi motor saat itu. Seperti mesin masih panas misalnya.

Padahal, jika mencuci motor saat mesin dalam keadaan panas, bisa berbuntut masalah fatal. Sebab bagian logam yang terdapat pada komponen motor serta air dingin yang digunakan pada saat pencucian adalah dua hal yang bertentangan.



Di mana, ketika besi tengah berada dalam keadaan panas dan langsung terkena air dingin maka terjadi perubahan suhu drastis. Perubahan suhu secara mendadak tersebutlah yang memicu efek mencuci motor saat mesin panas.

“Kasus yang pernah terjadi blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas,” kata Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) dikutip dari situs resmi Honda, Jumat 2 Agustus 2019.

Hal ini masuk dalam logika hukum fisika, yang menyebut, pada saat terjadi perubahan suhu secara mendadak akan terjadi perubahan. Dalam kasus ini misalnya saja besi atau logam menjadi rusak atau retak.

Tak hanya itu, rupanya efek mencuci motor saat mesin panas memang tidak sepenuhnya bisa dilihat dan dirasakan secara langsung. Namun, apabila hal tersebut dilakukan berulang-ulang maka kita bisa melihat beberapa komponen menjadi cepat rusak lantaran waktu pencucian motor yang tidak tepat.

Salah satu komponen motor yang paling mudah rusak lantaran kebiasaan buruk tersebut ialah knalpot motor.

"Coba saja lihat bagian pipa knalpot motor. Mungkin saja pipa knalpot motor terasa cepat rusak. Seperti menguning misalnya. Bukan cuma itu saja, krom juga pastinya lebih cepat mengelupas," katanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic