Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Agar Motor Irit Bensin Cuma Perlu Rajin Rawat 6 Komponen Ini

Motor Isi Bensin
Sumber :

100kpj – Melambungnya harga bensin atau bahan bakar minyak (BBM), tentu memubuat pusing pemilik kendaraan. Para pengendara motor pun akhirnya berusaha menyiasati agar konsumsi BBM lebih sedikit atau lebih irit.

Selain mengaplikasikan gaya berkendara yang baik, ada beberapa komponen sepeda motor yang perlu dirawat supaya konsumsi bahan bakar sepeda motor jadi lebih irit. Seperti yang dilansir dari Wahana Honda, Senin 31 Oktober 2022.

1. Busi

Kondisi busi agar tetap baik dan optimal sama dengan menjaga proses pembakaran di ruang bakar tetap sempurna. Jika pembakaran selalu dalam kondisi sempurna, tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara akan tetap optimal. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. Ketika busi tak terawat, membuat kinerjanya menurun.

Salah satu penyebabnya bisa diakibatkan oleh penumpukan kotoran sisa pembakaran di ujung elektroda, Sehingga api yang dihasilkan busi tidak besar menjadikan pembakaran kurang sempurna dan membuat output tenaga mesin tidak optimal.

2. Filter Fuel Pump

Membersihkan dan mengganti filter fuel pump secara rutin akan membuat proses aliran bahan bakar ke ruang bakar tetap sempurna sesuai dengan kebutuhan kerja mesin. Asupan bahan bakar yang sesuai akan membuat kinerja mesin tetap optimal.

Berita Terkait
hitlog-analytic