Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Coba-coba, Efek Buruk Oli Mobil Berlebihan atau Kekurangan

Efek buruk kekurangan, dan kelebihan oli mesin di mobil
Sumber :

100kpj – Memiliki mobil dengan kondisi prima tentu menjadi impian semua orang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar mendapatkan kondisi mobil seperti itu, salah satunya rajin mengganti oli mesin mobil sesuai aturan.

Setiap pabrikan membuat spesifikasi mesin mobil berbeda-beda, hal itu berpengaruh dalam sistem pelumasannya. Oleh sebab itu, tidak semua oli mesin yang beredar dipasaran bisa digunakan untuk semua mobil.

Bengkel mobil Toyota

Tingkat kekentalan, dan kandungan zat adiptif di dalam oli disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Pun dengan takaran, atau volumenya. Oli mobil yang beredar dipasaran ukurannya mulai dari 1 liter, sampai 4 liter.

Sebagian besar enjin untuk kendaraan roda empat butuh oli 3,5 liter, sampai 4 liter. Lantas apakah ada efeknya jika pelumasan di dalam dapur pacu berkurang, atau berlebihan saat proses pengisian?

“Wajib mengisi oli mesin sesuai takaran dan memeriksa volumenya melalui dipstick setidaknya 1 minggu sekali untuk memastikannya tidak kurang atau tidak lebih dari batas normal,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, dikutip dari keterangannya, Senin 31 Oktober 2022.

Menurutnya jika oli di dalam mesin tidak sesuai dengan volume yang dibutuhkan, akan terjadi masalah. Dampak buruk kekurangan oli bisa lebih besar, karena risikonya akan mudah panas saat bekerja.

Berita Terkait
hitlog-analytic