Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Cara Mudah Perawatan Starter Motor Biar Gak Ngadat

Starter motor
Sumber :

100kpj – Stater sepeda motor jadi komponen penting guna memutar poros engkol agar mesin siap untuk melakukan pembakaran, sesuai dengan prinsip 2 langkah atau 4 langkah. Jika sistem starter bermasalah, akan membuat sepeda motor Anda sulit dinyalakan atau tidak bisa dinyalakan.

Mengingat fungsi sistem starter yang penting tersebut, pengendara perlu memperhatikan beberapa poin perawatannya agar tidak tiba-tiba ngadat. Berikut tips perawatan sistem starter motor, yang dikutip dari Yamaha Indonesia.

1.Cek bagian starter

Periksa rangkaian starter mulai dari socket-socket atau pada tombol starter yang kotor, dikarenakan saat ini memasuki musim hujan dan memungkinkan terdapat benda-benda asing yang dapat masuk pada komponen tersebut.

Lalu cek jika terdapat kabel yang putus, bukan hal yang tidak mungkin kabel starter bisa putus karena gigitan tikus atau terdapat modifikasi di bagian tersebut.

2.Cek saklar starter

Seperti yang kita ketahui cara menghidupkan motor terutama matik dengan cara menekan tombol starter berbarengan dengan menarik tuas rem. Hal ini disebabkan adanya switch atau saklar pada tuas rem.

Berita Terkait
hitlog-analytic