Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3 Cara Ini Bisa Memperpanjang Usai Pakai Rantai Motor

Tips perawatan rantai motor
Sumber :

100kpj – Motor bertransmisi manual seperti motor sport atau motor bebek, masih menggunakan rantai sebagai penggeraknya. Gaya gerak sepeda motor dapat terjadi berkat daya mesin yang diteruskan ke roda belakang melalui rantai yang terhubung dengan gir sproket depan dan belakang.

Pada saat sepeda motor berjalan dengan kecepatan tinggi, rantai harus bekerja dengan baik karena akan berdampak pada performa, kenyamanan dan keamanan berkendara. Kekuatan rantai harus dapat menahan daya tarik yang sangat kuat.

Seiring lama pemakaian, performa rantai akan menurun. Untuk itu, diperlukan perhatian dan perawatan supaya performa rantai sepeda motor bisa tetap optimal dan usia pakainya jadi lebih panjang, seperti dikutip dari Wahana Honda.

Ada 3 hal yang harus dilakukan agar usia pakai rantai lebih panjang:

1. Ketegangan rantai

Saat melakukan penyetelan, usahakan jangan terlalu tegang atau terlalu kendur. Kondisi rantai yang terlalu tegang bisa membuat rantai putus, kalau terlalu kendur bisa mengakibatkan rantai Cepat aus dan bisa lepas dari gir.

Selain itu, kondisi ini juga akan memengaruhi performa sepeda motor. Jarak main bebas setiap motor berbeda-beda Informasi penyetelan ketegangan rantai dapat dilihat pada stiker di swing arm atau di buku pemilik. Dalam mengukur ketegangan atau kekencangan rantai, posisikan sepeda motor dengan standar tengah di atas permukaan yang datar.

Berita Terkait
hitlog-analytic