Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hey Ladies, Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Kendarai Motor

Emak-emak naik motor.
Sumber :

100kpj – Di awal kemunculannya, sepeda motor selalu dimaknai sebagai tunggangan maskulin. Sebab, saat itu pemiliknya hanya didominasi kalangan pria. Berbeda dengan sekarang, seiring pabrikan banyak melahirkan tunggangan bermodel matik, kaum wanita mulai tertarik memilikinya, baik untuk tunggangan operasional maupun sekedar hobi.

Namun, sebelum memutuskan mengendarai sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para wanita. Salah satu yang terpenting, ialah terkait keselamatan berkendara.

Safety Riding Department Head PT Astra Honda Motor atau AHM, Johannes Lucky menyebut, ada tiga aspek yang harus dipatuhi wanita sebelum mulai melaju bersama sepeda motornya.

“Pertama menangkap informasi, kedua memutuskan, dan ketiga baru mengeoperasikannya,” ujar Lucky di Hotel Medane, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu 31 Juli 2019.

“Dan biasanya, dari pengalaman saya menggelar safety riding tahun ini, wanita sering kesulitan menangkap informasi,” sambungnya.

Menangkap informasi, kata dia, adalah upaya pengendara membaca situasi. Artinya, ketika sedang di jalan raya, seseorang harus bisa memahami tanda-tanda kendaraan lain ingin bergerak ke arah mana.

“Misalnya begini, ambil contoh kita berada di situasi macet, dan sulit bergerak. Sebelum memutuskan melaju, pastikan kita tahu pergerakkan kendaraan lain supaya tidak terjadi benturan. Itulah yang kami coba edukasi, termasuk salah satunya ke wanita,” katanya.

Selain itu, ia menambahkan, hal lain yang perlu diketahui wanita sebelum mulai berkendara, ialah memahami fungsi masing-masing fitur kendaraan. “Karena naik sepeda motor itu bukan sekedar mengegas dan mengerem saja,” tutup dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic