Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penting Disimak Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS pada Mobil

Rem ABS pada mobil
Sumber :

100kpj – Bagi Anda yang ingin membeli mobil terbaru, pasti ada pilihan fitur pengereman ABS atau Anti-lock braking system. Sistem tersebut berfungsi mencegah roda terkunci otomatis ketika Anda melakukan pengereman mendadak.

Hal ini penting karena roda yang terkunci bisa membahayakan dan jadi penyebab kecelakaan. Alasan ini juga yang membuat sistem rem ABS kini jadi fitur keamanan yang wajib ada ketika Anda memutuskan untuk beli mobil keluaran terbaru.

Komponen rem ABS terletak di dekat rem cakram mobil Anda. Komponen ini bekerja dengan cara menganalisa kecepatan kendaraan secara berkala dengan menggunakan sensor kecepatan.

Data kecepatan kendaraan ini kemudian disimpan dalam kontroler atau komputer. Misalnya, mobil dengan kecepatan 100 km/jam biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 detik untuk dapat melakukan pengereman secara penuh.

Jika kendaraan dengan kecepatan yang sama seperti yang dicontohkan, namun melakukan pengereman mendadak dalam kurun waktu tidak sampai 5 detik biasanya akan terjadi slip pada roda. Karenanya butuh sistem pengoperasian katup pengereman agar mencegah hal ini terjadi.

Di sinilah data yang sebelumnya direkam oleh komputer tadi akan bekerja menjadi sistem pengaturan katup pengereman yang otomatis. Sebagai sebuah fitur, tentunya rem ABS tak hanya memiliki keunggulan tapi juga kekurangan di baliknya.

Hal ini bisa Anda pelajari sejauh mana pentingnya fitur ini terutama Anda yang berniat untuk beli mobil baru, seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic