Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga Lebih Mahal Bukan Berarti Oli Mobil Bagus Untuk Motor Matik

Tips memilih oli mesin
Sumber :

100kpj – Untuk mempermudah konsumen memilih oli mesin kendaraannya, setiap merek pelumas tentu memiliki logo, dan desain yang berbeda-beda. Terutama untuk oli mobil dan motor yang secara kemasan sengaja dibuat tidak sama.

Namun ada yang mempercayai, bahwa menggunakan oli mobil untuk motor itu bagus. Beberapa ada yang berdalih, bahwa teknologi di dalam pelumas mesin mobil lebih canggih ketimbang motor maka harganya lebih mahal.

Baca juga: Bukan Cuma Untuk Belok ada Fungsi Lain dari Lampu Sein

motor matik bekas

Bahkan beberapa oli mobil memiliki tingkat kekentalan yang serupa dengan oli motor matik, yaitu SAE 10W-30, dan 10W-40. Oleh sebab itu, ada saja yang mengaplikasikan pelumas kendaraan roda empat untuk skutik.

Padahal cara tersebut tidak dibenarkan, karena dianggap bisa merusak komponen di dalam mesin karena meskipun tingkat kekentalannya serupa, namun teknologi di dalamnya berbeda.

“Walau SAE-nya sama, sangat tidak disarankan menggunakan oli mobil untuk motor,” ujar Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana dikutip dari keterangan resminya, Jumat 14 Oktober 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic