Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Perhatikan 7 Penyebab Motor Brebet Ketika Berakselerasi

Test ride Honda ADV 160
Sumber :

100kpj – Ketika berakselerasi ada kalanya motor mengalami tersendat-sendat. Kemungkinan besar itu disebabkan oleh aliran bahan bakar tidak lancar atau bisa juga filter udara tertutup debu.

Tetapi ada penyebab lain di luar hal tersebut, seperti yang dilansir dari Wahana Honda. Ada 7 hal yang bisa diperhatikan pada sepeda motor Anda.

1. Busi Rusak

Busi bisa menjadi penyebab motor brebet di rpm tinggi, karena busi tidak menciptakan percikan api untuk pembakaran dalam mesin. Kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menjadi penyebab brebet saat motor di gas.

Ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. Jika kotor, coba bersihkan dan pasang kembali. Namun jika distarter tetap tidak menyala, artinya busi sudah mati atau tak bisa digunakan. Busi yang sudah mati tidak bisa menyalakan api sehingga pembakaran di dalam mesin tidak dapat terjadi. Maka harus diganti baru.

2. Cek Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai standar bisa membuat motor tersendat. Banyak pengendara yang lebih memilih bahan bakar murah dibanding berkualitas bagus. Bahan bakar berkualitas rendah akan menyebabkan mesin jadi knocking dan tersedat .

Berita Terkait
hitlog-analytic