Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bahaya Aquaplaning yang Ancam Pemotor di Musim Hujan

Motor terobos banjir.
Sumber :

100kpj – Beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek sudah memasuki musim hujan. Ada bahaya aquaplaning yang mengintai para pengendara motor, yang bisa mengakibatkan kecelakaan yang cukup membahayakan.

Aquplaning adalah kondisi di mana ban kendaraan melewati permukaan air namun dalam keadaan mengambang atau tidak sepenuhnya menyentuh tanah. Tak cuma mobil, pemotor juga bisa mengalaminya.

Alhasil, akibatnya kehilangan kendali dan berujung kecelakaan karena ban motor yang Anda kendarai akan kehilangan traksi atau cengkramannya pada aspal. Sebagai antisipasi, yuk pelajari faktor-faktor penyebabnya, seperti dilansir dari Wahana Honda,.

1.Berkendara dengan Kecepatan Tinggi

Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi saat melewati genangan air sangat berpotensi memicu terjadinya aquaplaning. Jik terdapat genangan air yang cukup dalam, sebaiknya segera kurangi kecepatan dari jarak yang cukup jauh.

Mengingat pada kondisi jalanan yang basah dan licin, cengkraman ban pada aspal akan berkurang. Sehingga membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.

Ilustrasi ban motor di musim hujan
Berita Terkait
hitlog-analytic