Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Anggap Sepele, Sistem Kelistrikan Motor Harus Dirawat

Aki Motor

100kpj – Sistem kelistrikan pada sepeda motor, merupakan salah satu pusat kinerja sepeda motor.

Pasalnya sistem kelistrikan sepeda motor mempunyai peran penting dalam penyaluran arus listrik ke setiap komponen yang memerlukan daya listrik, mulai dari sistem stater, sistem injeksi, sistem pengapian, sistem pengisian, sistem penerangan dan sinyal, serta komponen pendukung kelistrikan lainnya.

Karena menjadi poin utama, jika terjadi suatu masalah pada sistem kelistrikan, maka akan membuat performa motor terganggu.

Seperti dikutip PT. Thamrin Brothers, Main Dealer Yamaha di Sumatera Selatan & Bengkulu memberikan langkah-langkah perawatan yang tepat pada sistem kelistrikan motor :

1. Memastikan generator (spull) dalam kondisi normal Fungsi dari spull adalah sebagai penghasil energi listrik dengan cara mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, lalu menyalurkannya ke komponen lain.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat spull adalah dengan menjaga atau mencegah spull tidak hangus dikarenakan suhu mesin yang terlalu tinggi.

Oleh sebab itu, pastikan sistem pendinginan pada sepeda motor bekerja dengan baik, periksa juga kapasitas dan kondisi oli agar dapat melumasi komponen mesin dengan baik sehingga suhu tetap stabil.

Berita Terkait
hitlog-analytic