Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Mudah Ketahui Kampas Rem Motor yang Harus Diganti

Kampas rem sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Kampas rem ada komponen penting pada sepeda motor, karena menyangkut keselamatan pengendara. Rem memiliki fungsi untuk menghentikan laju kendaraan. Pada jalanan menurun atau kondisi mendadak, keberadaan rem sangat diperlukan.

Secara fisik, Rem merupakan alat berupa besi yang akan menekan permukaan roda ketika ditarik atau diinjak, sehingga bisa memperlambat atau menghentikan laju perputaran roda. Karena terbuat dari besi, ketika rem bekerja dipastikan akan menimbulkan gesekan yang bisa menimbulkan panas dan juga suara bila bersentuhan dengan roda.

Oleh sebab itu, permukaan rem dipasang kampas rem, untuk menghindari itu semua. Rem sendiri secara jenis, ada dua macam, yaitu rem tromol yang lebih dulu hadir, dan rem cakram. Kedua jenis rem ini sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan.

Meskipun rem cakram dianggap lebih kuat, tetapi tromol sampai saat ini tetap digunakan. Ada ciri-ciri yang harus diketahui pengendara apabila kampas mulai menipis atau habis, seperti dilansir dari Wahana Honda. Apabila tanda tersebut sudah muncul, sebaiknya segera ganti demi keselamatan pengendara.

Ciri-ciri Kampas Rem Tromol Perlu Diganti

Sayangnya, ciri atau tanda mulai habis pada kampas rem ini tidak bisa dilihat secara langsung. Karena kampas pada rem tromol ini, harus dibongkar lebih dahulu Jelas ini merepotkan. Namun ada beberapa ciri atau tanda yang muncul apabila kampas pada rem tromol ini mulai menipis atau habis.

1.Tarikan Yang Dalam

Berita Terkait
hitlog-analytic