Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ketahui Efek Buruk Isi Oli Mesin Kurang atau Kebanyakan

Pelumas alias oli.
Sumber :

100kpj – Oli merupakan salah satu komponen penting bagi sepeda motor. Tanpa pelumas, motor tentu tidak bisa berjalan. Pada umumnya, ada batas maksimum dan minimum oli yang dimasukan ke mesin sepeda motor. Tentu hal ini telah disesuaikan dengan kapasitas mesin.

Namun ada saja yang mengisi oli tak sesuai standar. Bisa berlebih atau bahkan bisa kurang. Lantas apa efek sampingnya?

Menanggapi hal itu, Fasilitator Pelatihan Mekanik Diler Utama Honda, PT Daya Adicipta Mustika, Agung, mengatakan, oli yang diisi melebihi kapasitasnya tentu akan membuat efek buruk pada motor.

"Hal itu bisa membuat terjadinya penguapan berlebih di dalam mesin. Akibatnya dapat terjadi rembesan oli pada bagian mesin," kata Agung.

Selain itu, jika melakukan pengisian oli berlebih, efeknya bikin tarikan motor tak maksimal. Sebab, oli mesin luber dan motor menjadi berat. "Oli yang berlebih bisa membuat filter udara cepat kotor dan ruang karburator tak bisa bekerja maksimal," ujarnya.

Sebaliknya, jika oli kurang dari takaran standar, tarikan menjadi lebih enteng. Namun, mesin cepat panas, karena tidak semua bagian mendapat pelumas.

"Malah yang terburuk bisa membuat mesin macet, maka itu usahakan isi oli sesuai standar yang tertera pada buku pedoman," tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic