Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Anggap Enteng, Mobil yang Sering Kena Macet Punya Risiko Rusak

Macet di Bandung
Sumber :

100kpj – Ketika berkendaran di kota-kota besar, kkndisi jalanan macet tak bisa dihindari, tak hanya membuat stres, tapi juga punya efek jelek bagi mobil.

Seperti dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, ketika mobil yang terjebak macet dalam waktu yang cukup lama, akan memicu terjadinya seperti mesin overheat.

Overheat terjadi lantaran mesin mobil bekerja terlalu keras dan mesin terlalu panas, terlebih jika dengan kondisi pada komponen pendingin mesin tidak optimal.

Gejala paling umum ketika mobil overheat adalah kendaraan sulit digas, makanya supaya mesinnya tidak overheat, selalu cek kondisi komponen pendingin seperti radiator, kipas radiator, sirkulasi air, dan kipas AC masih berfungsi dengan baik.

Macet tak hanya membuat rugi secara waktu, namun rugi secara biaya. Hal ini disebabkan pada saat terjebak macet, penggunaan bahan bakar akan lebih boros dari pada kondisi jalan normal.

Dalam posisi terjebak macet, mesin harus tetap bekerja tanpa bergerak dan sering melakukan stop and go.

Jika hal ini terjadi terus-terusan, bukan tidak mungkin biaya opersional harian jadi semakin melambung tinggi. Pada saat macet, mobil akan berada pada kondisi diam atau bergerak lambat.

Berita Terkait
hitlog-analytic