Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jenis Oli Mesin yang Bikin Motor Lebih Irit BBM

Tips memilih oli mesin
Sumber :

100kpj - Memiliki motor dengan kondisi prima tentu menjadi impian semua orang. Kondisi mesin yang baik akan menentukan performa dari kuda besi tunggangan, begitu juga dengan efisiensi bahan bakar.

Umumnya jika mesin motor mengalami kendala, karena ada komponen yang sudah tidak bekerja maksimal, maka akan berdampak pada penurunan tenaga, dan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang lebih boros.

Salah satu cara merawat enjin agar tetap prima adalah mengganti oli secara rutin, namun setiap motor memiliki dapur pacu yang berbeda-beda. Sehingga pelumas yang digunakan menyesuaikan kebutuhan.

Berkaca kepada kebutuhan oli pada buku panduan pabrikan, terdapat kode-koda. Misalnya SAE, atau Society of Automotive Engineer yang lebih dikenal sebagai standar tingkat kekentalan oli, dan huruf W di belakang mencerminkan kekentalan oli pada suhu dingin.

Sementara angka paling belakang, semisal 30, atau 40 adalah tingkat kekentalan ketika mesin dalam kondisi bekerja atau pada suhu panas. Nah, oli yang memiliki konfigurasi seperti SAE 10W-30, atau 10W-40 kita sebut sebagai oli multigrade.

"Jadi, semakin besar angkanya maka semakin kental olinya. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil angka maka oli lebih encer," ujar Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL) dikutip dari keterangan resminya, Rabu 31 Agustus 2022.

Lebih lanjut dia menjelaskan, semakin encer pelumas yang digunakan dapat mendukung penghematan bahan bakar. Maka jika ingin lebih efisien BBM pemilik motor dapat menggunakan oli dengan tingkat keenceran rendah.

Berita Terkait
hitlog-analytic