Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemilik Mobil Lawas Gak Bisa Sembarangan Pilih Oli Mesin

Ilustrasi memilih oli mesin yang tepat
Sumber :

100kpj – Semua orang tentu menginginkan mobil miliknya tetap dalam kondisi prima. Untuk mendapatkan hal tersebut, salah satu yang perlu diperhatikan adalah melakukan perawatan dengan mengganti oli mesin sesuai jadwal.

Oli menjadi nyawa dalam kendaraan, bertugas melumasi komponen, dan mencegah terjadinya gesekan saat mesin bekerja. Bahkan bisa meredam panas, mempengaruhi performa, hingga efisiensi bahan bakar.

Mobil klasik

Meski fungsinya vital, namun tidak semua pemilik kendaraan roda empat mengganti oli mesin sesuai ketentuan. Biasanya jarak tempuh, dan waktu pemakaian menjadi tolak ukur pergantian pelumas tersebut.

Bukan hanya itu, pemilihan oli mesin yang tepat juga perlu diterapkan. Mengingat setiap mesin mobil dibuat dengan spesifikasi berbeda sesuai dengan tahun produksi, serta jenis dari kendaraan tersebut.

Maka tidak semua oli mesin bisa digunakan, terutama untuk mobil yang sudah berumur. Sehingga ada perlakuan berbeda untuk kebutuhan pelumasnya.

Technical Sspescialist PT Pertamina Lubricants, Putra Mahayana mengatakan, oli mesin untuk mobil lama atau yang sudah berumur di atas 5 tahun membutuhkan viskositas lebih kental dibandingkan kendaraan masa kini.

Berita Terkait
hitlog-analytic