Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Pakai Boks, Ternyata Ada Teknik Khusus Mengendarainya

Motor Adventure KTM

100kpj – Motor yang memakai boks akan sangat mempengaruhi beban dan keseimbangan, tak heran ada yang mengalami kecelakaan. Selain itu, penyebabnya mayoritas karena pengendara motor dengan boks kurang berhati-hati ketika berkendara.

Sepeda motor memang tidak dirancang untuk membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Karena itullah tidak sedikit pemilik motor yang sering menaruh barang-barang bawaan di dalam boks atau pannier tambahan di bagian belakang motornya.

Namun perlu diketahui juga kalau mengendarai motor yang sudah ditambah boks itu butuh teknik berkendara yang khusus dan tidak sama dengan mengendarai sepeda motor yang tidak dipasang boks tambahan.

Lalu, bagaimana teknik berkendara yang benar saat mengendarai motor yang dilengkapi boks? Dilansir situs resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa teknik yang perlu dikuasai oleh pengendara motor untuk bisa mengendalikan motor yang sudah dilengkapi dengan boks, baik itu di bagian samping maupun di bagian belakang.

Pengendara diwajibkan untuk mampu mengendarai sepeda motor dengan baik, yang artinya adalah sudah paham sekali dengan karakter motornya.

Ini penting agar saat melakukan manuver apapun akan terasa lebih mudah dan juga aman saat ingin menyalip di antara kendaraan, pengendara harus sudah bisa memprediksi atau memperkirakan jarak antara boks dengan kendaraan yang akan disalip.

Hal ini dianggap penting supaya motor yang dikendarainya bisa mendahului dengan aman. Satu lagi yang harus diperhatikan adalah hindari membawa beban yang terlalu berat.

Berita Terkait
hitlog-analytic