Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Bahayanya Jika Oli Gardan Motor Matik Gak Pernah Diganti

Tips oli gardan motor matik
Sumber :

100kpj – Memiliki motor dalam kondisi prima tentu menjadi impian semua orang, namun untuk mendapatkan hal tersebut diperlukan perawatan yang tepat. Jika diabaikan, performa menurun, hingga rasa tidak nyaman saat digunakan.

Ada perbedaan perawatan antara jenis motor manual, dan matik. Salah satunya pelumas dapur pacunya, jika motor manual cukup menggunakan satu oli untuk ruang bakar mesin, hingga girboks transmisi.

CVT Motor Matic

Sedangkan skutik butuh dua jenis oli, yaitu untuk mesin, serta gardan atau gir yang bertugas menjadi perantara menyalurkan tenaga ke roda belakang. 

Namun sebagian kerap mengabaikan pergantian oli gardan tersebut, bahkan mereka tidak akan mengganti jika warna pelumas itu belum berubah.

Padahal jika hal itu dilakukan akan berdampak fatal, mengingat setiap pabrikan sudah merekomendasi penggantian oli gir matik itu setara dengan umur oli mesin.

“Durasi penggantian dapat melihat panduan buku manual, biasanya antara 8.000-10.000 ribu kilometer tergantung jenis motornya,” ujar Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, Brahma Putra Mahayana dikutip dari keterangan resminya, Selasa 19 Juli 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic