Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda ADV150 Pakai Sokbreker Model Tabung, Apa Kelebihannya?

Honda ADV 150

100kpj – Sederet kelebihan diusung Skutik ADV 150. Salah satunya penggunaan sokbreker tabung. Bukan sekadar pemanis atau pendongkrak tampilan, karena fungsinya juga bermanfaat besar.

Menurut Endro Sutarno, Techincal Service Division PT Astra Honda Motor, sokbreker ini lebih unggul ketimbang model biasa. Kelebihannya terjadi jika motor menikung secara ekstrem. Endro menjelaskan, pada model suspensi biasa, saat kondisi motor miring, udara bisa masuk ke area piston dan valve. Hal tersebut berpengaruh pada daya pantul suspensi.

"Jadi itu alasan mengapa sokbreker tanpa tabung itu tidak bisa ekstrem menikungnya. Ini akibat oli dan udara yang tercampur dan membuat sok seperti gagal bekerja sesaat. Kalau piston di sokbreker kemasukan udara, itu bisa membuat ban kehilangan traksi," kata dia, di GIIAS 2019.

Sedangkan di suspensi sub tank --yang dipakai ADV150--, hal tersebut tidak akan terjadi di area piston dan valve kendati melalui trek serupa. Sebab ada pemisah antara oli dan udara yang mecegah keduanya bertemu langsung.

"Karena di dalam sokbreker ini ada piston, oli dan udara yang bekerja bersamaan. Jadi sistem kerjanya adalah ketika sokbreker bekerja atau kompresi oli dan udara dalam sokbreker tanpa tabung bisa tercampur," katanya.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic