Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Dipakai Mudik, 5 Hal Ini Wajib Dicek Salah Satunya Cepat Rusak

Ilustrasi turun mesin mobil di bengkel resmi
Sumber :

100kpj – Kendaraan pribadi masih menjadi pilihan sebagian orang untuk transportasi pulang ke kampung halaman, alias mudik. Bahkan berdasarkan data PT Jasa Marga, sebanyak 1,7 juta unit mobil keluar Jabodetabek.

Ada berbagai alasan mobil pribadi menjadi pilihan, diantaranya bisa mengatur jadwal keberangkatan, atau kepulangan sesuka hati, meski lebih menguras tenaga saat perjalanan.

Jika sebelumnya mobil yang digunakan mudik dalam keadaan prima, namun bukan berarti tidak diperlukan pemeriksaan setelah menempuh perjalanan jarak jauh. Ada 5 hal yang wajib diperhatikan:

Melansir keterangan resmi Lifepal sebagai penyedia asuransi kendaraan, Jumat 6 Mei 2022, ada lima hal penting yang perlu diperiksa. Perhatikan kondisi kopling untuk transmisi manual, aki, sektor kaki-kaki seperti rem, ban, dan suspensi.

“Dengan mewaspadai 5 penyakit mobil yang kerap muncul usai mudik, serta melakukan pengecekan ekstra, kita bisa menghindari kerugian yang lebih besar pada kendaraan,” ujar Co-Founder Lifepal, Benny Fajarai.

1. Kopling 

Kopling yang bermasalah disebabkan karena gaya berkendara. Ketika jalan macet, terutama di tanjakan, pengguna terkadang malas menarik rem tangan, dan menggunakan metode mengemudi setengah kopling.

Berita Terkait
hitlog-analytic