Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Catat Nih Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Sepeda motor Honda
Sumber :

100kpj – Setelah 2 tahun tak bisa melakukan mudik karena pandemi covid-19, Lebaran tahun ini masyarakat bisa kembali pulang kampung. Untuk melakukan mudik, biasanya sepeda motor menjadi pilihannya karena praktis dan lebih hemat.

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, berkendara bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan, namun perlu diingat beberapa hal untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat.

“Penting bagi kita sebagai pengendara sepeda motor mentaati peraturan serta bijak dalam kesadaran berkendara, apalagi dengan membawa orang yang dicintai. Berbagai elemen perlu diperhatikan saat perjalanan,” ujar Lucky.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dan disiapkan oleh para pemudik motor:

Membawa Barang dan Penumpang

Saat berboncengan, alangkah baiknya pembonceng dapat memeluk pengendara atau dapat memegang jaket pengendara untuk menambah keseimbangan saat berkendara. Selain itu, pembonceng perlu mengikuti arah pergerakan pengemudi di depannya.

“Yang utama dalam berkendara membawa penumpang adalah pembonceng juga wajib menggunakan riding gear yang lengkap serta harus bisa menjadi penumpang yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi. Selain itu tidak membawa barang bawaan yang berlebihan terutama untuk keleluasaan mengemudi,” ujar Lucky.

Berita Terkait
hitlog-analytic