Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Mudah Bedakan Busi Bosch Asli dan Palsu

Busi Bosch Spark Plug
Sumber :

100kpj – Busi merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, baik mobil ataupun motor. Namun perlu diingat, bahwa di pasaran banyak juga pedagang nakal yang menjual busi palsu dari merek ternama.

Secara sederhana fungsi busi motor untuk mengubah tegangan listrik, yang disalurkan koil menjadi percikan api yang nantinya membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang dikompresi kemudian menggerakkan mesin.

Mesin membutuhkan busi untuk bergerak karena busi yang memercikkan campuran antara bahan bakar dan udara. Maka itu, busi perlu mendapat perhatian khusus dan langsung diganti bila sudah lama pemakaiannya.

Busi sepeda motor.

Saat ini banyak beragam merek busi dan jenisnya, salah satunya adalah busi merek Bosch. Ternyata, ada saja oknum bengkel yang menjual busi Bosch yang palsu.

Lalu kita sebagai konsumen, bagaimana cara membedakan busi Bosch palsu dengan yang asli? Arditya Wicaktama Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, membeberkan cara mudah membedakannya.

“Paling gampang membedakan itu busi Bosch asli dengan yang palsu dilihat dari ujungnya. Pada busi yang asli tampak buram, sedangkan yang palsu mengilap,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Selasa 25 Januari 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic