Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Parkir Motor Sering Pakai Standar Samping, Ini Kerusakan Bakal Dialami

Memarkir motor dengan standar samping.
Sumber :

100kpj – Penggunaan standar samping saat parkir sepertinya memang jamak dilakukan para pemilik sepeda motor. Alasannya mulai dari terburu-buru, kebiasaan, hingga malas menggunakan standar tengah alias ganda.

Meski pabrikan menghadirkan standar samping untuk memudahkan penggunanya saat parkir, namun rupanya ada efek buruk buat motor jika terlalu sering menggunakannya.

Seperti dikutip situs resmi Honda, menghindari penggunaan standar samping buka cuma agar tak membahayakan orang saat ada orang lain duduk di atas motor. Namun lebih dari itu.

Penggunaan standar samping yang keseringan justru akan membuat bagian ban sebelah kiri akan lebih cepat botak. Hal ini terjadi karena posisi parkir dengan standar samping membuat beban yang disangga shockbreaker menjadi tidak seimbang, sehingga shockbreaker cenderung miring ke satu sisi.

Selain ban, shockbreaker juga lama-kelamaan akan berkondisi buruk alias tak seimbang, akibat beban yang ditanggungnya saat parkir.

Ketika motor dikendarai, tekanan di ban sebelah kiri jadi lebih besar, sehingga sisi kiri ban menanggung beban yang lebih berat. Jadi, biasakan untuk parkir menggunakan standar ganda.

Berita Terkait
hitlog-analytic