Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Ciri-Ciri Jika Oli Mesin Sepeda Motor Harus Ganti

Oli Mesin Motor
Sumber :

100kpj – Peran oli mesin pada sepeda motor sangat penting, karena oli mesin punya fungsi pelumas agar kondisi suhu mesin tetap sesuai dan mencegah goresan antar komponen yang berada di dalam mesin.

Karena fungsinya yang sangat penting jadi oli mesin pun mempunya masa pakai, sehingga etika telah digunakan dalam jangka waktu lama, maka oli selain akan menjadi kotor atau keruh serta akan kehilangan sifat kimia di dalamnya. 

Dengan menganti oli secara berkala, maka mesin pada motor akan terjaga keawetannya dan juga terawat. Selain itu, performa kendaraan pun akan tetap terjaga dalam kondisi terbaiknya dan umur mesin pun akan lebih panjang.

Lalu bagaimana mengetahui ciri-ciri oli mesin harus ganti, seperti dikutip dilaman resmi Federal Oil, oli mesin pada motor harus diganti ketika speedometer sudah mencapai kelipatan 2.500 sampai 3.000 kilometer atau juga setidaknya sudah 2 bulan dari penggantian oli yang terakhir. 

Oli Federal Oil. Foto: Federal Oil.

Ciri-ciri lainnya adalah ketika performa mesin menurun dan tarikan gas menjadi berat. Khusus untuk motor berjenis matic, disarankan untuk didasarkan pada buku petunjuk atau manual book untuk motor yang bersangkutan.

Jika oli sudah melebihi masa pakainya maka formula yang terdapat dalam kandungan oli akan berkurang, sehingga tidak dapat melumasi dengan maksimal. Alhasil, mesin akan menjadi lebih panas atau overheating. 

Berita Terkait
hitlog-analytic