Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tiap Jarak Berapa Kilometer V-Belt Skutik Wajib Ganti Baru

CVT motor matik.
Sumber :

100kpj – V-belt atau biasa disebut van belt memiliki fungsi yang sama dengan rantai di motor bebek ataupun sport. Bedanya, komponen pemutar roda itu berbentuk sabuk dari material berbahan karet.

Mengingat fungsinya sangat vital, maka pemilik kendaraan dianjurkan rutin melakukan pengecekan. Sebab jika tidak, mesin akan bergetar dan menimbulkan suara yang bergredek.

Kendati banyak kalangan sudah memahami fungsi v-belt, namun hanya sebagian yang mengetahui pasti kapan saat yang tepat menggantinya. Saat ini, banyak yang masih berpatokan terhadap waktu. Artinya, penggantian komponen dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan sejak jauh hari. Padahal cara itu terbilang keliru.

Seperti dikutip Federal, Selasa 16 Juli 2019, peranti yang menjadi penghubung antara puli depan dan belakang itu memiliki usia yang diukur dari banyaknya putaran roda. Jadi, yang mestinya dijadikan patokan adalah jarak tempuh kendaraan.

Idealnya, pergantian v-belt dilakukan setiap kali motor mencapai jarak 30 ribu kilometer. Namun, apabila tunggangan tersebut sering difungsikan sebagai moda angkut berat, atau kendaraan niaga, maka disarankan menggantinya setiap 20 ribu kilometer sekali.

Selain itu, cara berkendara sang pemilik juga bisa mempengaruhi usia v-belt. Salah satunya, memainkan tuas gas sambil menekan tungkai rem dalam-dalam. Hal itu menimbulkan gesekan di permukaan komponen, sehingga membuatnya mudah sobek.

Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk pergi ke bengkel dan melakukan pemeriksaan rutin. Sebab sangat berbahaya, jika karet pemutar roda itu terputus ketika motor sedang melaju kencang.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic