Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Amankah Mobil Pakai Ban Berbeda-beda Merek?

Mekanik Ganti Ban Mobil.
Sumber :

100kpjBan merupakan komponen gerak yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Itulah mengapa, karet bundar tersebut rawan mengalami kerusakan dan harus diganti secara berkala.

Namun, saat proses pergantian, biasanya tak semua ban diganti bersamaan, melainkan hanya satu atau dua ban yang dirasa sudah benar-benar rusak.

Baca juga: Dijual Online, Mengapa Orang Indonesia Lebih Suka Beli Ban di Toko?

Ban Mobil

Kenyataan tersebut umumnya membuat pemilik kendaraan memilih merek ban lain sebagai pengganti ban yang rusak. Lantas, pertanyaannya, apakah menggunakan ban berbeda merek di mobil bisa dikatakan aman, atau justru berbahaya?

Pembalap yang belakangan menjadi pengamat otomotif nasional, Rifat Sungkar mengatakan, menggunakan ban dengan merek berbeda di kendaraan sebenarnya masih diperbolehkan, asal ukurannya sama.

“Masing-masing ban punya spesifikasi yang berbeda-beda dan sisi positif-negatif yang juga berbeda-beda. Nah, kalau (mereknya) nggak sama, minimal ukurannya harus sama,” ujar Rifat Sungkar saat menghadiri program edukasi otomotif bersama Mitsubishi Indonesia, dikutip Rabu 22 Desember 2021.

Berita Terkait
hitlog-analytic