Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penyebab Mobil Terbakar dan Tips Mencegahnya dari Rifat Sungkar

Rifat Sungkar

100kpj – Insiden mobil terbakar kerap terjadi di jalan, baik mobil lama atau keluaran baru. Ternyata ada beberapa hal mendasar yang bisa menyebabkan mobil terbakar, dan bisa Anda cegah agar itu tak terjadi.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, mengungkapkan sistem kelistrikan menjadi penyebab utama insiden mobil terbakar. Maka dari itu, perlu adanya kewaspadaan pada komponen ini.

"Sistem kelistrikan ini paling ringkih. Tolong untuk hal ini perlu aware, karena gangguan elektrikal adalah gangguan dalam, di luar terlihat baik tapi di dalamnya ternyata rusak," kata Rifat dalam acara MMKSI Virtual Interview, Selasa 14 Desember 2021.

Lebih lanjut, Rifat menilai mesin belakang dan depan juga beda-beda penyebabnya. Untuk yang biasanya terjadi, mesin yang di depan adalah ketika mobil itu pernah satu atau dua kali lewati genangan air.

Ban Mobil saat Hujan

"Lukanya tidak kelihatan. Genangan air ini cukup jahat karena tidak semua mobil prepare. Contoh ada mobil ecu di bawah lantai, mobil lain ada air intake di bawah bemper dan selama mobil berjalan tentunya banyak komponen yang hasilkan panas," ujarnya.

"Kemarin ada kasus, kendaraan baru terbakar, karena power steering putus dan minyaknya kena heater. Jadi, banyak penyebabnya terbakar mobil," tambahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic