Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Masuk Musim Hujan, Pengguna Mobil Wajib Melakukan Ini

Ban Mobil saat Hujan
Sumber :

100kpj – Musim hujan sudah tiba, pengguna mobil wajib memerhatikan kondisi kendaraan. Tujuannya agar tetap aman dan nyaman ketika berkendara di jalan yang basah, atau di tengah guyuran hujan.

“Lakukan persiapan menyeluruh kendaraan, dan pengemudinya sebagai langkah antisipasi memasuki musim hujan dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan,” ujar Aftersales Division Head Toyota Auto2000, Nur Imansyah Tara, dalam keterangan resminya dikutip Senin 1 November 2021. 

Baca juga: Jika Masih Sayang Nyawa Jangan Begajulan Bawa Mobil saat Hujan

Ilustrasi kaca mobil di musim hujan

Lebih lanjut dia menjelaskaan komponen pertama yang perlu diperhatikan adalah ban. Pengemudi atau pemilik perlu melihat tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. 

Keausan ban yang telah melewati batas TWI akan menyulitkan ketika mengemudi di jalan licin. “Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standar sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik di berbagai kondisi jalan,” tuturnya.

Selain itu dengan kondisi jalan yang licin membuaat resm mobil harus bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga pastikan part yang dapat menghentikan laju roda itu dalam keadaan baik. Terutama ketebalan kampas, dan minyak rem sesuai takaran.

Berita Terkait
hitlog-analytic