Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Bahayanya Jika Rem Cakram Tidak Dibersihkan Setelah Kena Hujan

Rem Cakram Motor. Foto: Wahana.
Sumber :

100kpj – Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan, bagi pemotor yang setiap hari menggunakan sepeda motor untuk menunjang aktivitas sehari-hari, perlu waspada rem cakram yang sering terkena air hujan.

Pasalnya saat musim hujan, rem merupakan salah satu komponen sepeda motor yang perlu mendapatkan perawatan tambahan. Seperti bersihkan rem cakram dari air hujan setelah pemakaian.

Menurut Johannes B.M.S, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah - DIY), apabila berkendara dalam kondisi hujan, maka setelah sampai di tempat tujuan sebaiknya bersihkan cakram dari air hujan dengan cara yang sederhana yakni, siram cakram dengan air bersih atau gunakan brake cleaner yang direkomendasikan.

Keringkan bagian-bagian yang dapat dijangkau, dengan menggunakan kain majun yang bersih sembari roda sedikit diputar perlahan. Cara ini akan lebih mudah jika posisi kendaraan pada main stand atau standar tengah.

Rem Cakram

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan yang dapat mengakibatkan karat dan rem menjadi seret.

Kenali suara-suara yang timbul saat pengereman, menjadi salah satu indikator kondisi pengereman kendaraan Anda. Suara yang timbul pada umumnya suara mendecit yang berarti ada kotoran diantara kampas rem dengan piringan cakram. 

Berita Terkait
hitlog-analytic