Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Federal Oil Ungkap Bahaya Gonta-ganti Merek Oli untuk Kendaraan

Proses ganti oli pada sepeda motor
Sumber :

100kpj – Meski telah menjadi kebiasaan umum, namun menggonta-ganti merek pelumas untuk kendaraan ternyata bisa berakibat fatal. Bahkan, jika dilakukan terus-terusan, bukan tak mungkin mesin mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana Federal Oil melihat hal tersebut?

Techninal Trainer PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (Federal Oil), Nurudin mengatakan, dalam kondisi terdesak, mengganti merek oli sebenarnya diperbolehkan. Namun, jika itu dilakukan hanya untuk coba-coba dan terlalu sering, maka pemilik kendaraan harus menanggung risikonya.

“Benar bahwa enggak disarankan menggonta-ganti merek oli untuk kendaraan. Sebab, meski base oil dan aditifnya mungkin sama, tapi setiap merek punya komposisi berbeda-beda,” ujar Nurudin pada program Ngovsan bersama Forwot, dikutip Kamis 14 Oktober 2021.

Baca juga: Federal Oil Urai 5 Keuntungan Ganti Oli Secara Rutin

Oli Federal Oil. Foto: Federal Oil.

Lebih jauh, dia menjelaskan, kebiasaan menggonta-ganti merek oli setiap bulan bisa memicu terjadinya kerusakan mesin. Sebab, kandungan yang tak tercampur sempurna bisa mengakibatkan gumpalan pada pelumas.

“Jadi kalau ganti oli kan gak dikuras sampai benar-benar habis, masih ada sisa sedikit di komponen mesin. Nah, sisa itu yang gak bisa bercampur sama merek baru, makanya bisa sampai ada gumpalan,” terangnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic