Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Asal Buka Gas, Ini Salah Satu Cara Biar Selamat kala Berkendara

Pengendara sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Berkendara dengan menggunakan sepeda motor tentu harus mengerti aturan mainnya, hal itu penting agar selamat ketika berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Salah satu aturan main berkendara sepeda motor adalah menjaga jarak, pasalnya dengan menjaga jarak pengendara bisa menghindari masuknya ke area blind spot kendaraan lain, maupun kecelakaan.

Oleh karena itu, mengetahui jarak aman dan menerapkannya ketika berkendara sepeda motor, wajib dilakukan. Lalu berapa sih jarak aman ketika naik motor?

Seperti dikutip dari laman Wahana Honda, salah satu mengetahui jarak aman yang tepat waktu mengendarai motor adalah dengan menghitung menggunakan satuan detik. Durasi yang disarankan adalah 3 detik, dengan beberapa pertimbangan berikut ini:

Aturan lampu sepeda motor siang hari

Pengereman mendadak membutuhkan waktu 0,5-1 detik. Setelah pengereman dilakukan, kendaraan masih memerlukan waktu untuk berhenti. Bagi motor, waktu yang diperlukan berkisar 0,5-1 detik juga. Jadi, waktu 3 detik dianggap ideal dan aman untuk menghitung jarak aman. 

Sementara itu, TMC Polda Metro Jaya pun merekomendasikan jarak aman dalam satuan meter, berdasarkan kecepatan mengendarai motor, seperti di bawah ini:

Berita Terkait
hitlog-analytic