Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pentingnya Oli Gardan pada Motor Matik, Jangan Sepelekan!

Mengganti oli gardan pada skutik.
Sumber :

100kpj – Motor matik masih jadi pilihan favorit masyarakat Indonesia, karena praktis dan mudah perawatannya. Walau begitu, para pemilik atau pengendara motor matik harus paham terhadap komponen-komponennya.

“Sepeda motor memiliki beragam komponen yang bergerak dan saling bergesekan, komponen tersebut membutuhkan oli sebagai pelumas. Pada sepeda motor skutik terdapat 2 jenis oli yang digunakan, yaitu oli mesin dan oli gear," kata Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Peran oli gear pada motor skutik sangat penting, salah satunya sebagai pelumas transmisi. Melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar,” lanjutnya.

Mengganti oli gardan pada skutik.

Oli Gear seringkali disebut oli transmisi atau oli gardan yang memiliki fungsi serupa dengan oli mesin. Perbedaannya jika oli mesin sebagai pelumas komponen part pada mesin, sedangkan oli gear melumasi komponen part pada transmisi.

Sebagai pengguna sepeda motor skutik, wajib mengetahui peran dan fungsi dari oli transmisi seperti :

1. Melumasi komponen yang bergerak seperti gear dan bearing-bearing transmisi agar tidak cepat aus. Jika aus akan menimbulkan bunyi pada sepeda motor saat digunakan

Berita Terkait
hitlog-analytic