Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Asal Pilih, Oli Ternyata Pengaruhi Suara Mesin Mobil

Ilustrasi uji emisi bengkel Mitsubishi
Sumber :

100kpj – Setiap mobil memiliki karakter tersendiri soal suara mesinnya. Namun, ternyata oli pun memberikan pengaruh pada suar mesin mobil.

Mayoritas pada mobil baru memiliki suara mesin yang halus, namun jika selang waktu tiba-tiba berubah kasar maka ada yang salah. Seperti yang dijelaskan oleh Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar.

Rifat yang juga merupakan pakar otomotif serta pembalap ini, mengatakan suara mobil akan terdengar jelas saat kap mesin dibuka. Perhatikan dengan seksama apakah suara mesin normal atau tidak.

Rifat Sungkar

"Masing-masing merek memiliki karakter suara mesin berbeda. Kita pun dapat mengenalinya dari suara. Namun, pastinya mobil dalam kondisi baik suara mesinnya akan terdengar halus," ujarnya, dalam Mitsubishi Motors Sales Krama Yudha (MMKSI) Virtual Media Session, Rabu 29 September 2021.

Nah, jika berubah suaranya menjadi kasar yang jadi perhatian pertama adalah oli dipakaikan pada mobil tersebut. Maka dari itu, jangan salah dalam memilih oli.

"Suara mesin sangat dipengaruhi pemilihan pelumas ada 20-50, 10-40, 20-60 dan sebagainya. Pada zaman sekarang desain mesin mobil sangat kompak, dulu lebar, sekarang lebih tinggi dan rapat sehingga olinya lebih encer," katanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic