Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenali Kerusakan Motor Honda Melalui Kedipan MIL di PGM-FI

PGM-FI Honda. Foto: Wahana.
Sumber :

100kpjMotor Honda yang saat ini dipasarkan di Indonesia rata-rata telah dilengkapi sistem Programmed Fuel Injection atau PGM-FI. Kabarnya, dengan teknologi tersebut, kendaraan menjadi lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Technical Service Function PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Wahyu mengatakan, teknologi PGM-FI telah mengantongi sertifikat EURO 3 atau standar yang diterapkan negara-negara Eropa berkaitan dengan regulasi ambang batas emisi gas buang kendaraan.

Baca juga: Mengenal VVA di Motor Yamaha, Lengkap dengan Kelebihannya

PGM-FI sendiri telah dikembangkan Honda sejak lama, yakni mulai 1993 silam. Namun, Honda Indonesia baru menerapkan teknologi tersebut 12 tahun setelahnya di model Supra X 125. Tonggak sejarah ini menjadi cikal 'pensiunnya' sistem karburator di seluruh line up Honda di Tanah Air.

"Tidak hanya irit, PGM-FI ini juga mudah perawatan dan semakin smart karena ditopang dengan deteksi kerusakan internal pada sistem PGM-FI," ujar Wahyu, dikutip melalui keterangan resminya, Rabu 29 September 2021.

Penerapan PGM-FI juga berdampak pada banyak faktor, mulai dari performa, keiritan penggunaan BBM, hingga perawatan yang semakin mudah.

Berita Terkait
hitlog-analytic