Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kembali Mengingat Fungsi Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Oli Mesin Motor
Sumber :

100kpj – Sepeda motor yang kita gunakan setiap hari untuk menunjang kebutuhan mobilitas, memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisinya tetap prima.

Terutama pada bagian mesin agar kinerjanya tetap optimal dan bebas gangguan. Salah satu langkah awal yang wajib diketahui oleh pengendara adalah memahami fungsi oli mesin dengan baik. 

Oli mesin merupakan salah satu kebutuhan esensial yang membantu komponen mesin melakukan kerjanya, menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), oli mesin memiliki beberapa fungsi yang dapat menunjang kinerja sepeda motor, diantaranya:

1. Mendinginkan Komponen Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pendingin agar komponen yang bergerak tetap berada pada suhu yang stabil. Komponen yang saling bergesekan dapat membuat suhu mesin menjadi panas, namun dengan adanya oli mesin yang mengalir ke komponen dapat mengurangi gesekan yang terjadi sehingga komponentetap berada di area suhu normal. Hal ini membuat bentuk komponen tetap dalam kondisi terbaik.

2. Melumasi Komponen Mesin

Oli mesin berguna untuk melumasi komponen mesin, meminimalkan gesekan, dan membuat mesin lebih ringan sehingga menghasilkan langkah kerja mesin yang optimal. Semakin ringan gerak yang ditimbulkan, maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan mesin. Pengendara sepeda motor perlu memberikan oli dengan kualitas terbaik yang sesuai untuk jenis mesin agar fungsinya sebagai pelumas dapat bekerja dengan optimal, mesin berjalan mulus, bebas gangguan dan hal yang tak kalah penting oli akan melindungi komponen mesin.

Berita Terkait
hitlog-analytic