Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Oli Shock Depan Jangan Sampai Salah Takaran, Fatal Akibatnya

shockbreaker depan di motor Suzuki
Sumber :

100kpj – Oli menjadi salah satu komponen yang penting dalam sebuah sepeda motor. Selain mesin, oli oli yang digunakan pada shockbreaker tak kalah pentingnya bagi kenyamanan serta keamanan bermotor.

Oli berfungsi untuk melumasi bagian dalam tabung shock dan terdapat masa pakai yaitu kurang lebih setiap 15 ribu kilometer. Yang perlu diingat adalah takaran oli shock depan yang harus diisi dengan pas.

Baca Juga: Dani Pedrosa Akhirnya Mengerti Penyebab Valentino Rossi Pelan

Dilansir dari situs resmi Suzuki, Jumat 27 Agustus 2021, redaman shock akan disesuaikan dengan dimensi tabung, panjang dari pipa teleskopik dan juga volume oli. Maka itu, takaran oli pun harus pas agar motor tetap stabil.

Lalu apa saja dampak yang muncul jika ternyata ukuran oli shock depan yang diberikan tidak sesuai? Pertama, jika jumlah oli yang diberikan berlebih atau lebih banyak dari takaran, maka akan membuat shockbreaker semakin rigid.

Rigid artinya daya redam yang didapatkan semakin keras sehingga motor bagian depan akan terasa sangat keras. Kedua, jika jumlah oli di bawah ambang batas yang telah ditentukan atau kurang maka motor akan terasa limbung.

Berita Terkait
hitlog-analytic