Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kepanjangan OEM, Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-cirinya

Ilustrasi Pabrik Hyundai
Sumber :

100kpjOEM merupakan kependekan Original Equipment Manufacturer. Ketika berbelanja mungkin Anda sering menemukan produk-produk dengan keterangan tambahan, seperti original, OEM, dan KW. Umumnya istilah-istilah tersebut digunakan untuk produk seperti ponsel, komputer, pakaian, hingga barang otomotif. 

Perbedaan tersebut merujuk pada kualitas barang yang akan dijual. Diberikan keterangan demikian karena penjual ingin menyampaikan informasi kepada calon pembeli mengenai status barang yang ditawarkan. 

Lalu, OEM adalah?

Produk OEM

Original Equipment Manufacturer adalah suatu barang atau produk yang diproduksi dari perusahaan yang kemudian dibeli, diolah, dan dijual kembali oleh perusahaan lain dan menggunakan nama brand mereka sendiri. Berdasarkan kepanjangannya tersebut, sudah jelas bahwa produk OEM adalah produk asli atau original. OEM merupakan suku cadang yang dibuat oleh pabrik dan original.

Walaupun memiliki kualitas yang sama dengan produk aslinya, OEM memiliki standarisasi yang berbeda. Suku cadang berstatus OEM tersebut merupakan partisi yang secara langsung diproduksi oleh pabrikan mobil dengan menggunakan brand yang sama, bukan melalui pihak ketiga atau vendor. 

Produk Original

Berita Terkait
hitlog-analytic