Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Agar Nyaman Kendarai Motor, Coba Perhatikan Posisi dan Sikap Tubuh

Mudik naik motor.
Sumber :

100kpj – Kenyamanan menjadi faktor yang cukup penting dalam mengendarai sepeda motor. Maka itu, teknik berkendara yang benar perlu kita ketahui.

Sikap tubuh yang benar ketika berkendara sangat penting untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenali situasi di jalan. Pengendara juga bisa mudah melakukan keseimbangan dan merespon situasi yang tiba-tiba berubah dan juga agar tidak  mudah lelah.

Ingat rasa lelah berlebih saat berkendara bisa mengganggu fokus berkendara. Lalu, bagaimana posisi berkendara yang benar? Berikut jawabannya, seperti yang dilansir situs resmi Suzuki Indonesia.


1. Pandangan Jauh ke Depan

Ini penting untuk mendapatkan keadaan di sekitar arah yang hendak dituju. Pandangan pengendara motor harus fokus terhadap objek yang ia lihat. Jadi, sangat penting berkonsentrasi terhadap arah tujuan.

2. Pergelangan Tidak Kaku

Posisi pegang grip setang dengan santai dan sudut pergelangan tidak kaku. Agak menyiku untuk memberikan keluwesan ketika harus melakukan manuver.

Ini penting diperhatikan karena posisi yang salah bisa membuat tangan pengendara keseleo sewaktu menarik rem secara tiba-tiba maupun ketika bermanuver.

Ingat, rasa nyeri, baik itu hanya sesaat atau berkelanjutan, pada pergelangan tangan, bisa mengganggu keseimbangan ketika mengedarai kendaraan.

3. Posisi Telapak Kaki Lurus pada Injakan

Pastikan jari kaki tetap menghadap ke depan dan posisi telapak kaki agak horisontal. Posisi siaga akan memudahkan ketika pengendara saat harus melakukan rem mendadak.

4. Posisi Lutut

Tempelkan kedua lutut pada tangki untuk motor sport dan untuk motor non sport posisi lutut menghadap ke depan. Pada motor sport menjepit tangki juga bisa membantu menjaga keseimbangan.

5. Posisi Duduk

Duduk pada posisi yang tepat ini juga penting supaya mudah menggerakan lengan dan kaki. Duduk jangan terlalu di depan, atau belakang, karena justru bisa mengganggu keseimbangan.

Berita Terkait
hitlog-analytic