Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Manfaat Lain Ban Motor Diisi Nitrogen, Belum Banyak yang Tahu

Ban motor diisi nitrogen.
Sumber :

100kpj – Selain menggunakan kompresor dan pompa genjot, pengisian angin ban juga bisa dilakukan menggunakan nitrogen. Gas kimiawi itu dipercaya memiliki ketahanan lebih lama jika dibandingkan angin biasa.

Saat ini, keberadaan gerai pengisian nitrogen sudah tersebar di banyak titik SPBU di kota-kota besar. Biasanya, kios yang identik dengan warna hijau itu terletak di sekitar pintu keluar. Sehingga, untuk memastikan keberadaannya, pemilik kendaraan harus mengitari pom bensin terlebih dahulu.

Meski memiliki banyak keunggulan dibandingkan angin biasa, dan keberadaan gerainya mulai mudah ditemukan, namun tak banyak orang yang mau menggunakannya. Alasannya, biaya pengisian nitrogen terbilang mahal, sehingga mereka memilih menyimpan uangnya, lalu menggunakan angin lain yang lebih murah—atau bahkan gratis.

Seperti dikutip laman Wahana Honda, Selasa 2 Juli 2019, nitrogen memiliki manfaat lain yang tak banyak diketahui orang. Yakni bisa mencegah terjadinya kerusakan komponen di sekitar roda, salah satunya pelek.

Perlu diketahui, angin biasa mengandung sekitar 21 persen kadar air. Sehingga, bisa memicu terjadinya pemuaian massa yang menyebabkan karat.

Sementara, nitrogen berasal dari 95 persen zat nitrogen, dan 5 persen oksigen. Komposisi tanpa air itu dipercaya lebih aman untuk lapisan terluar pelek.

Selain itu, air yang terkandung di dalam ban, juga bisa mengembun di pagi hari. Bulir-bulir cair yang menetes ke permukaan pelek, dikhawatirkan bisa memicu kerusakan yang sama, yakni berkarat. Hal itu tak akan terjadi, jika ban terisi angin nitrogen.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic