Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Klakson Motor Tiba-tiba Mati, Cek Beberapa Komponen Ini

Speedometer Vespa Primavera S 150

100kpj – Klakson memiliki peran sangat penting dalam sebuah kendaraan. Suara dari klakson bisa menghindari pengendara dari terjadinya kecelakaan, seperti tabrakan.

Maka itu, klakson harus bisa mendapat pengecekan juga ketika motor diservis.  Tapi, jika klakson mati, Anda jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru, cek dulu beberapa komponen ini.

Berikut beberapa komponen yang bisa Anda cek, seperti yang dilansir situs resmi Suzuki Indonesia.

1. Cek Aki
Aki merupakan sumber tenaga klakson. Aki yang sudah soak sudah pasti akan membuat klakson tidak ada bunyinya. Ciri-ciri aki yang sudah soak selain klakson yang tidak mau berbunyi adalah lampu yang tidak lagi seterang biasanya atau ketika distarter menjadi lebih sulit.

2. Cek Kabel Klakson
Setelah aki selesai dicek, selanjutnya Anda bisa memeriksa kabel yang ada hubungan langsung dengan klakson. Umumnya, klakson terdiri dari 2 kabel, yaitu kabel listrik dan kabel massa. Kalau salah satu atau keduanya lepas, maka klakson tidak akan berbunyi.

3. Cek Baut Platina
Tidak hanya kabel, baut platina yang letaknya di belakang klakson juga tidak jarang menjadi penyebab klakson mati. Posisi baut yang berubah karena pemakaian motor atau benturan bisa membuat klakson tidak mau berbunyi. kalau ini yang terjadi, bukalah mur pengunci dengan tang, kemudian putar baut dengan obeng supaya posisinya kembali presisi. Supaya lebih pas, lakukan penyetelan baut ini sembari menekan tombol klakson.

4. Cek Sakelar
Bagian terakhir yang harus dicek adalah kondisi sakelar klakson yang ada di bagian stang. Fungsi sakelar bisa terganggu karena adanya kotoran atau karat yang menempel. Lepas rumah sakelar dari stang motor terlebih dulu, lalu bersihkan memakai amplas halus atau bisa juga dengan cairan antikarat.

Berita Terkait
hitlog-analytic